IKHLAS

Di kehidupan ini pasti kita tidak asing lagi dengan kata ikhlas, banyak orang dengan mudah mengatakan bahwa dia ikhlas melakukan suatu hal. Tapi tau kah kita arti sebenarnya dari ikhlas.  Banyak orang mengumbar bahwa mereka ihklas, tapi pada kenyataanya kita tak tahu apa itu benar. Terlalu banyak kebohongan di dunia ini.

Ikhlas adalah sesuatu yang kita lakukan hanya sekedar untuk mencari dan mengahrapkan ridho dari Allah,sesuatu yang kita lakukan agar bisa berbagi kebahagiaan dan kebaikan kepada orang lain, tanpa mengahrapkan balasan dari orang tersebut baik secara lisan maupun materi. 

Ikhlas lah dalam melakukan suatu hal, karena kita hidup di dunia ini hanya untuk mengharapkan ridho dari Sang Maha Pencipta. Pujian atau materi yang diberikan orang lain itu hanya berupa hadiah, buah dari keikhlasan kita. Seseorang yang ikhlas tidak akan mau mengumbar kebaikan yang pernah dia lakukan kepada orang lain. Apa yang dia berikan kepada orang lain,hanya semata untuk berbagi kebahagiaan kepada orang lain.

Pada zaman sekarang ini banyak kita lihat orang yang tiba-tiba jadi dermawan ketika sedang musim Pilkada atau apalah nama sejenis lainnya. Mereka mengatakan diri mereka seperti layaknya malaikat yang siap ikhlas dalam melakukan tugasnya sebagai para wakil rakyat. Tetapi apa yang terjadi setelah mereka duduk di singasana,mereka dengan gagahnya duduk di kursi mewah, rakyat terlupakan, senyum yang bak malaikat dulu, kini berubah jadi kesinisan yang seakan-akan mencekik rakyat karena aturan yang mereka buat.

Keikhlasan yang tulus tidak akan berubah sampai kapan pun, keikhlasan mengajarkan kita tentang banyak hal. Melakukan sesuatu yang hanya sekedar memberi tidak mengharapkan balasan, kecuali satu balasan yaitu ridho dari Allah.

~Salah Satu Kunci Kehidupan adalah IKHLAS~

0 comments:

Post a Comment