Stay Hungry,Stay Foolish -Steve Jobs-

Di dunia ini tentu tidak ada yang mau dirinya bodoh, semua orang ingin dirinya lebih dari orang lain,karena untuk mendapatkan dan diakui di dunia ini seseorang harus memiliki kelebihan. Itu merupakan suatu adat atau kebiasaan yang dimiliki manusia. Seseorang yang pintar,cerdas dan berwawasan tinggi lebih mendapat penghargaan di kalangan masyarakat.

Satu hal lagi yang tidak diinginkan oleh semua orang di dunia ini adalah kelaparan, karena kalau kita lapar kita tidak bisa berpikir dan berusaha untuk memenuhi kebutuhan hidup.

Stay Hungry,Stay Foolish itulah kata-kata terakhir yang diucapkan oleh Steve Jobs dalam pidato kepada lulusan Reed College di Oregon. Tentu pernyataan ini berkebalikan dengan yang seharusnya. Tetapi ini hanyalah sebuah kiasan. Dalam hal ini Steve mengatakan "Stay Hungry", agar para lulusan yang mendapatkan gelar tidak cepat merasa puas, walaupun mereka sudah lulus tapi bukan berrati berhenti untuk mencari ilmu dan penetahuan. Tetaplah lapar untuk mencari ilmu, ilmu itu semakin berkembang, jangan lah setelah lulus menjadi karyawan yang tidak memiliki wawasan yang luas, jadikanlah ilmu seperti makannan bagi anda, apabila anda lapar, pasti anda akan berusaha untuk mendapatkannya, karena ilmu merupakan kebutuhan bagi kita. 

Kemudian Steve juga mengatakan "Stay Foolish" maksud Steve disini agar para wisudawan tidak langsung merasa pintar dengan gelar yang sudah dia terima. Tetaplah merasa bodoh,karena denganitu kalian akan terus mencari ilmu agar kita lebih pintar dari orang, jangan pernah merasa diri kita yang paling hebat karena itu akan menghentikan otak dan langkah kita untuk berpikir. Hal ini dapat menghentikan inovasi,kreasi dan kemampuan seseorang. 

Jadi, walaupun kita sudah mendapatkan gelar dan pekerjaan yang bagus, jangan pernah sekalipun anda berpikir bahwa anda sudah tidak butuh dan sudah merasa yang paling hebat, karena itu akan membuat kita tidak berkembang dan maju. So....

"STAY HUNGRY,STAY FOOLISH"
~Steve Jobs~

0 comments:

Post a Comment