Bahasa Pemrograman

Program adalah sekumpulan instruksi yang digunakan untuk menjalankan dan mengatur perangkat keras agar melakukan tindakan sesuai yang diinginkan oleh pembuat program. Program ini dibuat dengan menggunakan bahasa yang dikenali programmer atau manusia yang kemudian akan diubah dalam bentuk yang bisa dimengerti oleh mesin. Bahasa pemrograman menjadi bahasa penghubung antara manusia dengan komputer.

Bahasa pemrograman telah mengalami banyak perubahan dari berbagai generasi. Berikut adalah evolusi dari bahasa pemrograman:

1. Bahasa Pemrograman Generasi Pertama
Generasi ini adalah bahasa pemrograman tingkat dasar . Bahasa pada generasi pertama juga sering disebut bahasa mesin bahasanya berorientasi pada mesin. Bahasa ini menggunakan kode binary untuk membuat program pada komputer.

2. Bahasa Pemrograman Generasi Kedua
Sering disebut dengan bahasa rakitan. Bahasa ini tentunya memberikan kemudahan daripada bahasa pemrograman generasi pertama.Program yang ditulis dengan bahasa ini akan diterjemahkan menjadi binary,sehingga akan dimengerti komputer. Bahasa inisering disebut juga dengan istilah bahasa simbol. karena menggunakan berbagai simbol untuk mewakili kode operasi dan lokasi penyimpanan. Bahasa ini masih sering dipergunakan sampai sekarang yaitu untuk membuat perintah dalam pembuatan saluran komputer. Bahasa juga banyak digunakan sebagai bahasa pemrograman sistem.

3. Bahasa Pemrograman Generasi Ketiga
Bahasa ini menggunakan perintah atau pernyataan dengan pendekatan prosedural. Bahasa pemrograman generasi ketiga sering juga disebut dengan bahasa tingkat tinggi. Harus menuliskan perintah serinci-rincinya agar program dapat dijalankan.
Penerjemah bahasa terdapat 2 yaitu compiler dan interpreter. Compiler menerjemahkan bahasa pemrograman dengan mengubah semua perintah menjadi sebuah objek,kemudian objek tersebut akan dijalankan. Sedangkan Interpreter menerjemahkan dan menjalankan satu per satu dari perintah dari kode sumber.
Contoh bahasa pemrograman generasi ketiga adalah Pascal,Basic,Delphi dll

4. Bahasa Pemrograman Generasi Keempat
Menggunakan pendekatan nonprosedural. Dengan kata lain programmer tidak perlu secara rinci menjabarkan perintah yang akan dijalankan bertujuan untuk mempercepat dalam pemrograman,sehingga produktivitas pemrograman semakin meningkat,serta lebih efisien dalam pemanfaatan waktu.
Contoh: Oracle,MySQL,Interbase dll.

5. Bahasa Pemrograman Generasi Kelima.
Bahasa ini sangat mirip dengan bahasa yang digunakan oleh manusia. Bahasa dikenal dengan bahasa natural yaitu menggunakan bahasa inggris,indonesia,dll. Bahasa natural sering digunakan dalam kecerdasan buatan atau yang dikenal dengan Articial Intelligence (AI). 
Contoh: PROLOG,LISP

Sumber:
Mulyanto,Agus.2009.Sistem Informasi Konsep dan Aplikasi.Pustaka pelajar.Yogyakarta

1 comments:

Unknown said...

kita juga punya nih artikel mengenai bahasa pemrograman, silahkan dikunjungi dan dibaca , berikut linknya
http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/1294/1/20107797.pdftrimakasih :)

Post a Comment