Data Mining

Data Mining disebut juga dengan Knowledge-Discovery in Database adalah sebuah proses secara otomatis melakukan pencarian data di dalam sebuah memori yang amat besar dari data. 

Teknik Data Mining:

1. Association Rule Mining 
Merupakan teknik mining untuk menemukan aturan assosiatif antara suatu kombinasi item .

2. Classification
Merupakan  proses untuk menemukan model atau fungsi yang menjelaskan atau membedakan konsep atau kelas data, dengan tujuan untuk dapat memperkirakan kelas dari suatu objek yang labelnya tidak diketahui. 

3. Clustering
Melakukan penge-lompokan data tanpa berdasarkan kelas data tertentu


Contoh kasus dari data mining adalah:
Sebuah video rental di Bandung memiliki koleksi ratusan ribu film yang disimpan ke dalam sebuah database. Seorang pelanggan yang berada di Singapure hendak akan nonton film tetapi pelanggan tersebut lupa judul film yang akan dia tonton. Dalam hal ini rental video memberikan fasilitas pelayanan melalui akses internet tentang pencarian film, dengan cara mencari berdasarkan apa yang diingat oleh pelanggan tersebut,misalkan temanya,atau pun pemainnya. Sistem itu juga mencatat semua film yang telah pernah ditonton pelanggan, jadi apabila sewaktu-waktu pelanggan akan melakukan pencarian film, sistem telah mebaca sesuai dengan apa yang disukai dari pelanggannyan tersebut.

Sumber:
Wahyudi,Bambang,S.Kom,MMSi.2007.Konsep Sistem Informasi dari BIT sampai ke Database.Penerbit Andi.Depok

0 comments:

Post a Comment