Unsur-Unsur Organisasi

ORGANISASI???
Organisasi adalah kumpulan beberapa orang yang bekerja sama dalam melakukan pembagian kerja untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Organisasi dapat jug amemilki arti merancang dan mengalokasikan pekerjaan untuk tujuan tertentu. Sebuah organisasi memilki beberapa unsur. Unsur inilah yang saling bekerja sama, Apa sajakah unsur itu????

1. Orang
Didalam organisasi harus memilki orang yaitu pemimpin dan dipimpin. Tidak mungkin sebuah organisasi hanya memilki pemimpin saja karena tidak akan ada yang menjalankan tugas operasional. Begitu juga sebaliknya apabila tidak ada seorang pemimpin,organisasi tersebut juga tidak bisa berjalan karena tidak ada yang bisa mengambil keputusan dan mengontrol jalanya organisasi.

2. Tujuan
Tidak mungkin suatu organisasi dibuat apabila tidak mempunyai visi dan misi,karena tanpa tujuan yang jelas untuk apa organisasi dibentuk. Tujuan ada dalam jangak pendek dan jangka panjang.

3. Posisi
Setiap organisasi biasanya membagi pekerjaan berdasarkan posisi yang ada dalam organisasi tersebut. Ada pemimpin dan ada yang dipimpin. Biasanya dalam organisasi dalam satu atasan terdapat banyak bawahan. 

4. Pekerjaan
Setelah orang tersebut menempati posisi mereka masing-masing maka akan diberikan tanggung jawab berupa pekerjaan yang sesuai dengan posisi masing-masing.

5. Teknologi
Untuk mencapai tujuannya,sebuah organisasi tentunya membutuhkan alat atau sarana yang dapat digunakan untuk mencapai tujuan tersebut. Itulah yang menyebabkan sebuah organisasi harus ada teknologi, baik perangkat keras, perangkat lunak, maupun dari manusianya sendiri.

6. Struktur
Sebuah struktur penting untuk mengatur tanggung jawab dan hubungan dari masing-masing orang yang berbeda dalam organisasi tersebut untuk mencapai tujuan organisasi.

7. Lingkungan Luar
Sebuah organisasi yang mampu berinteraksi denagn baik dengan lingkungan luar,biasanya akan dapat mengembangkan organisasinya dengan cepat. Namun tidak semua pengaruh itu dapat berakibat baik,karena apabila tidak bisa memilah-milah maka dapat berdampak buruk bagi organisasi.

0 comments:

Post a Comment