Perilaku Konsumen

         Perilaku konsumen adalah kegiatan konsumen untuk,menentukan,memilih barang dan jasa yang digunakan yang dipengaruhi oleh beberapa faktor.
Faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen adalah:
  • Faktor Personal yang termasuk dala faktor ini adalah:
1. Keadaan Ekonomi
Pendapatan seseorang tentu berpengaruh terhadap pengambilan keputusan,karena apabila keadaan ekonominya tidak cukup maka orang tersebut cenderung memilih harga yang terjangkau ooleh konsumen tersebut.
2. Gaya hidup
Gaya hidup seseorang sangat mempengaruhi dalam pengambilan keputusan tentang barang dan jasa yang digunakannya. Orang-orang yang sudah terbiasa dengan kehidupan mewah,pasti akan cenderung untuk memakai,memilih barang-barang yang bermerek dan mahal,walaupun kadang-kadang masih terdapat kualitas yang sama tetapi tidak bermerek(branded).
3. Kepribadian
Dalam hal ini kepribadian orang yang cuek,dengan yang tidak jelas beda barang yang dibutuhkannya, orang yang cuek cenderung tidak memikirkan apa yang dikatakan oleh lingkungannya,dan cenderung tidak peka dengan kemajuan yang ada.
4. Umur
Dari segi umur,setiap umur memilki kebutuhan yang berbeda.
5. Pekerjaan
Seseornag akan cenderung memilih barang yang berguna juga untuk mendukung profesinya.
 
  • Faktor Eksternal (Sosial)
Ini dipengaruhi oleh ajakan,perbincangan, trend dari pihak disekitar diri sendiri. Karena adanya faktor tersebut barang yang tadinya tidak dibutuhkan menjadi dibutuhkan hanya untuk memenuhi faktor psikologis. Contohnya pada pemakaian gadget dan smartphone, Banyak kita temui sekarang pemakai smartphone Blackberry,ini dikarenakan banyaknya orang disekeliling mengunakan smartphone ini,sehingga menjadi suatu kebutuhan yang harus dipenuhi oleh sebagian orang.
 

0 comments:

Post a Comment