TOPIK, JUDUL DAN TEMA

  • TOPIK

1. Pengertian

Topik adalah pokok pembicaraan atau sesuatu yang menjadi landasan penulisan suatu artikel atau pokok masalah tentang suatu hal yang akan digarap menjadi karangan. 

2. Ciri-ciri topik yang baik

1.Menarik perhatian.
2.Tidak terlalu luas.
3.Tidak terlalu sempit.
4.tidak terlalu baru.
5.Bahan-bahannya mudah diperoleh.


3. Perbedaan topik dan judul

Topik bersifat umum; belum menggambarkan sudut pandang penulis
Judul bersifat spesifik dan mengandung permasalahan yang lebih jelas dan terarah pembuatan judul berawal dari topik.




  • JUDUL

1. Pengertian


judul adalah nama yang dipakai untuk buku, bab dalam buku, kepala berita, dan lain-lain; identitas atau cermin dari jiwa seluruh karya tulis, bersipat menjelaskan diri dan yang manarik perhatian

2. Ciri-ciri judul yang baik

1. Harus relevan, yaitu harus mempunyai pertalian dengan temanya, atau ada pertalian dengan beberapa bagian penting dari tema tersebut.
2. Harus provokatif, yaitu harus menarik dengan sedemikian rupa sehingga menimbulkan keinginan tahu dari tiap pembaca terhadap isi buku atau karangan.
3. Harus singkat, yaitu tidak boleh mengambil bentuk kalimat atau frasa yang panjang, tetapi harus berbentuk kata atau rangklaian kata yang singkat. Usahakan judul tidak lebih dari lima kata. Jika pengarang tidak dapat menghindakna dari judul yang panjang (terpaksa), maka dapat menemouh jalan keluar dengan menciptakan judul utama yang singkat, tetapi judul tambahan yang panjang.


  • TEMA

1. Pengertian


Tema merupakan amanat utama yang disampaikan oleh penulis melalui karangannya. Dalam karang mengarang, tema adalah pokok pikiran yang mendasari karangan yang akan disusun. Dalam tulis menulis, tema adalah pokok bahasan yang akan disusun menjadi tulisan. Tema ini yang akan menentukan arah tulisan atau tujuan dari penulisan artikel itu. 


2. Ciri-ciri tema yang baik

1. Tema menarik perhatian penulis.

2. Tema dikenal/diketahui dengan baik.

3. Bahan-bahannya dapat diperoleh.

4. Tema dibatasi ruang lingkupnya.

0 comments:

Post a Comment