Belajar Gitar Otodidak

Musik adalah sesuatu yang bisa membuat hidup ini lebih berwarna, banyak keuntungan dari kita mendengarkan musik ataupun memainkannya. Namun pada kali ini saya tidak akan membahas tentang keuntungan tersebut, tapi akan membahas tentang bagaimana cara memainkan gitar secara otodidak. 
Gitar adalah alat musik petik yang terdiri dari beberapa senar. Gitar terdiri dari 6 senar,yang masing-masing terdiri dari kunci yaitu dimulai dari senar 6=C,5=A,4=D,3=G,2=B,1=E.

Banyak cara untuk belajar gitar yaitu bisa dengan les gitar atau bisa juga otodidak, yang paling enak ya otodidak soalnya gratis..hhehehe. Tapi menurut saya emang lebih enak otodidak, karena lebih nyaman dan bisa lebih cepat dalam mengetahui kunci/chord.

Berikut adalah Tips atau cara bagi kamu yang mau belajar gitar secara otodidak:
1. Gitarnya harus ada,so pasti dong...
2. Timbulkan niat untuk sungguh-sungguh belajar gitar tapi berushalah santai/tidak kaku.
3. Cari buku yang mengajarkan tentang chord gitar,ikuti langkah-langkahnya.
4. Anda juga bisa mencari browsing di internet chord gitar yang ada.
5. Cari lagu yang memilki chord yang sederhana alias chord-chord dasar seperti lagu "I Miss U but I hate You yang terdiri dari chord D A G dan Bm saja.
6. Setelah anda mengetahui chord gitarnya,petik senarnya dengan perasaan,ikuti sesuai irama lagu yang anda mainkan,timbulkan jiwa seni.
7. Perbanyaklah mencari lagu-lagu yang awalnya mungkin yang dasar,tetapi setelah itu mulailah cari lagu yang anda sukai,dan bertekadlah agar anda bisa memainkan lagu yang anda suka. Karena apabila sudah menikmati atau menyukai lagu,otomatis kiat bisa langsung mengikuti irama lagu tersebut.
8. Latihan dan prakteklah secara rutin atau sering melakukan latihan.


Berikut adalah chord-chord dasarnya:
Keterangan:
Pada dot hitam tekan senarnya dengan jari dan pada dot putih,apabila mau memainkan melodi maka petik senar yang diberi tanda dot putih,tetapi kalau memainkan biasa maka mainkan dengan cara dipetik secara bersamaan.semua senar,tetapi tetap pada senar yang dot putih lebih diutamakan.

"GOOD LUCK AND ALWAYS PRACTICE"

2 comments:

AGL - Team said...

Salam kenal semua...
Bagi yg ingin memperdalam gitar secara lengkap silahkan kunjungi www.gitarzoom.blogspot.com
trims

AGL - Team said...

bagi yg ingin belajar gitar Blues n Jazz, silahkan download materi dl bhs Indonesia di http://www.4shared.com/zip/PEP_jty6/Dasar_Blues_n_Jazz.html

terimakasih

Post a Comment